Ciri anak shaleh yang wajib diketahui oleh setiap siswa dan semestinya didukung penuh oleh orang tua

Anak shaleh merupakan harapan keluarga, bangsa dan agama. Karena masa depan keluarga, bangsa dan agama ada di tangannya. Bila anak-anak yang dilahirkan hari ini adalah anak yang shaleh maka kebaikan keluarga, bangsa dan agama terus terjaga dan terawat. Begitu juga sebaliknya, bila anak-anak yang dilahirkan hari ini adalah anak yang durhaka maka dapat dipastikan kebaikan hari-hari ini akan sirna dan binasa.

Oleh karena itu, peran orang tua, guru dan pemerintah melahirkan dan mendidik anak-anak sangat penting dan wajib hukumnya. Itu makanya anak-anak perlu pendidikan dan pelatihan selama usia sekolahnya dengan ilmu pengetahuan dan agama.

Adapun ciri anak yang shaleh itu adalah;

  1. Berilmu
  2. Beramal
  3. Beradab
  4. Berprestasi
Berilmu adalah memiliki ilmu pengetahuan dan agama yang cukup dan terukur sehingga mampu mengetahui dan membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Beramal adalah berbuat dan berucap berdasarkan ilmu pengetahuan dan agama sehingga ucapan dan perbuatannya bernilai ibadah dan bermanfaat.

Beradab adalah menampilkan perilaku yang terpuji dan menyenangkan hati bagi yang melihatnya. Bicaranya sopan dan perbuatannya santun. Tidak dibuat-buat. Di hadapan orang maupun di belakang orang, tetap beradab karena Allah swt.

Berprestasi adalah mau dan mampu menampilkan dirinya sebagai pemenang dalam sekolah maupun di luar sekolah melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Maka untuk mewujudkan 4 ciri ini diperlukan kesadaran dan kesungguhan bagi siswa dan dukungan penuh dari orangtua, guru dan pemerintah. Dan jangan lupa senantiasa berdoa kepada Allah swt agar diberi kesadaran dan kemauan untuk mewujudkan keshalehan pada diri siswa secara terus menerus melalui shalat, mengaji dan belajar.

Comments