Mentauladani nabi Muhammad saw dalam menuntut ilmu

Memang nabi Muhammad saw di masa kecilnya atau masa usia sekolahnya (5-18 tahun) tidak bersekolah di lembaga formal pendidikan mulai dari tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sebagaimana anak-anak bersekolah di masa sekarang. Penyebabnya adalah ketika itu lembaga formal pendidikan di masa nabi Muhammad saw. belum ada. Maka bersyukurlah anak-anak sekarang bisa bersekolah di lembaga pendidikan. Yang penting adalah ikuti segala ketentuan dan kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh sekolah dengan rajin lagi bersemangat.

Meskipun, nabi tidak bersekolah tetapi beliau masih bisa memperoleh ilmu pengetahuan dari orang-orang terdekatnya seperti ibu angkatnya Siti Halimah AsSa`diyah yang menyusuinya selama lebih kurang 4 tahun dan dikembalikan oleh ibu kandungnya Siti Aminah. Hal ini memang kebiasaan orang-orang arab Makkah ketika itu.

Kemudian beliau memperoleh ilmu pengetahuan melalui pamannya Abu Thalib tentang pertanian, peternakan dan perdagangan. Lalu beliau juga memperoleh ilmu pengetahuan dari kebiasaan lingkungan dan alam di sekitarnya. Dan puncaknya pada usia 40 tahun beliau didatangi dan dibimbing oleh Malaikat Jibril as. tentang ilmu pengetahuan agama melalui Al-Quran. Hasilnya, beliau dikenal sebagai manusia yang berakhlak mulia lagi berilmu pengetahuan. Sehingga beliau atas izin dan pertolongan Allah swt mampu mengeluarkan manusia dari kurang beradab menjadi beradab dengan ditandai keberhasilannya mendakwahkan Diinul Islam di Makkah dan di Madinah selama lebih kurang 23 tahun. Dan keberhasilannya itu dilanjutkan oleh para sahabatnya, para khalifah ulama dan ilmuwan muslim sehingga dakwah Islamiyah tersebar segala penjuru dunia  termasuk di bumi Nusantara ini, Indonesia hingga saat ini.

Meskipun beliau sukses dalam dakwahnya namun tidak sedikit hambatan dan halangan yang dihadapinya. Tetapi beliau tidak mudah menyerah apalagi putus asa melalui sifat sabar dan tawakkal.

Pertanyaannya adalah Apa ketauladanan yang dapat diambil dari Nabi Muhammad saw dalam menuntut ilmu ?

1. Memiliki keinginan yang kuat belajar dan mempelajari ilmu pengetahuan

2. Tidak mudah menyerah apalagi putus asa

3. Sabar dalam menyelesaikan tugas-tugas

4. Menghadirkan Allah swt dalam belajar melalui doa, shalat dan mengaji.

5. Mengamalkan ilmu yang bermanfaat melalui akhlak yang mulia

6. Jujur dan Cerdas. Tidak suka bohong dan bermalas-malasan

7. Bisa mengatur waktu belajar dan bermain.

Mari tauladani nabi Muhammad saw dalam menuntut ilmu sebagai bukti cinta kepada Nabi Muhammad saw.

Comments